Rabu, 08 Juni 2011

Mayoritas Warga Kota Subulussalam belum Nikmati Air Bersih

Mon, Apr 11th 2011, 09:04

SUBULUSSALAM - Tinggal di tengah kota tak membuat masyarakat Kota Subulussalam bisa menikmati air bersih dari PDAM. Buktinya, hingga kini mayoritas warga di daerah itu belum dapat merasakan fasilitas air bersih dari PDAM setempat, lantaran terbatasnya jaringan pipa distribusi di sana sana. Untuk dapat menikmati air bersih warga masih mengandalkan sumur galian ataupun membeli dari pedagang isi ulang.

“Entah kapan PDAM mampu mendistribusikan air kepada masyarakat,” keluh Lina, salah seorang ibu rumah tangga, kepada Serambi, Minggu (10/4). Berdasarkan pantauan Serambi, sebahagian besar warga yang bermukim di Kota Subulussalam mendambakan ketersediaan air bersih. Karena air bersih merupakan kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan mereka. Keluhan masalah air bersih sering terdengar terutama warga di lorong dan gang kota. Pasalnya, PDAM yang diharapkan oleh warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih belum sesuai harapan dan keinginan masyarakat.

Hingga sekarang masih banyak warga kota mengkonsumsi air sumur, baik untuk minum, cuci, maupun mandi. Padahal, sebahagian besar air sumur warga tidak layak konsumsi karena kondisi airnya berwarna kuning dan berbau tak sedap.

Seperti yang dialami warga di Lorong Kombih, Subulussalam Utara. Umumnya warga di sana mengandalkan air sumur untuk memenuhi kebutuhan air bersih seperti mandi, mencuci dan untuk dikonsumsi warga.

Hal ini terjadi karena pihak PDAM setempat tidak membangun jaringan hingga ke daerah itu. Warga berharap agar pihak PDAM dapat memperluas jaringan pipa distribusinya sehingga mereka dapat menikmati air yang berkualitas. “Bagaimana bisa hidup sehat, air sumur aja keruh dan berbau lagi,” kata Lina.

Menurut Lina, persoalan air bersih ini cukup serius, karena menyangkut keberlangsungan hidup warga di sana. Namun katanya, persoalan air bersih ini sampai sekarang belum mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat. Lina sangat mengharapkan bisa menikmati air bersih dari PDAM sebagaimana warga di tempat lain. Karenanya, pihak PDAM diminta untuk segera membangun jaringan pipa distribusi guna memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar.(kh)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar