Senin, 20 Desember 2010

PLTU Cangkang Sawit akan Dibangun di Subulussalam

Thu, Dec 16th 2010, 10:51

SUBULUSSALAM - PT PLN Cabang Subulussalam menggagas kerjasama dengan perusahaan swasta untuk membangun Pengbangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar cangkang kelapa sawit dengan kapasitas 2 X 5 MW. “Kita sedang merintis kerjasama dengan pihak swasta, kalau ini nanti sudah terwujud, Insya Allah listrik di Subulussalam dan sekitarnya akan lebih baik,” kata Manager Cabang PT PLN Subulussalam, Defiar Anis kepada Serambi, (15/12) kemarin.

Menurut Anis, Kota Subulussalam yang memiliki areal perkebunan kelapa sawit yang cukup besar, memiliki potensi untuk mengembangkan PLTU berbahan bakar cangkang sawit. Dia menilai bahan baku yang dibutuhkan sangat mendukung. Selain itu, proses pengolahan cangkang sawit untuk menghasilkan energi listrik ini, menurut dia, relatif sederhana, yakni dengan pembakaran yang panasnya digunakan untuk memanaskan turbin dan menghasilkan uap.

Anis mengatakan, rencana kerjasama untuk pembangunan PLTU cangkang sawit ini telah dirintis dengan PT Global Sawit Semesta (GSS). Perusahaan group Mitra sejati Sejahtera Bersama (MSSB) ini berminat menanamkan investasi dalam pembangunan PLTU berbahan bakar cangkang sawit berkapasitas 2X5 MW. Energi listrik yang dihasilkan disebutkan mampu memenuhi kebutuhan listrik untuk Kota Subulusalam dan Kabupaten Aceh Singkil. Rencana tersebut dinilai akan mampu membantu karena PLN tidak lagi tergantung pada pengoperasian mesin diesel yang biayanya cukup mahal dan menimbulkan polusi.

Selain itu, keunggulan PLTU cangkang sawit, lanjut Anis, adalah tidak menggunakan bahan bakar fosil, sehingga ramah lingkungan sekaligus mengurangi dampak buruk dari limbah pengolahan sawit. Hal lain, kata Anis, PLN juga akan mengintensifkan potensi limbah sawit di lahan perusahaan terkait.

“Dan yang paling penting system kelistrikan Kota Subulussalam maupun Aceh Singkil semakin kuat dan terjamin,” ujar Anis seraya mengatakan upaya tersebut dilakukan dalam mengantisipasi pembangunan Kota Subulussalam kedepan yang diperkirakan akan maju pesat.

Diharapkan, kerjasama pembangunan PLTU cangkang sawit dengan perusahaan milik Hermes ini akan terwujud tahun depan. Sambil menunggu pembangunan PLTU Cangkang Sawit, mulai April tahun depan, PLN Subulussalam merencanakan membeli Excess-Power (kelebihan daya) dari Turbin Pabrik GSS yang saat ini sedang di up-grade sebesar 0,7 sampai 1,0 MW. Upaya lainnya, PLN Subulussalam kini sedang memacu percepatan pembangunan PLTU Gas Batubara di Gosong Telaga, Kabupaten Aceh Singkil serta pembangunan Gardu Induk dan sistim jaringan transmisi 150 KV yang menghubungkan Subulussalam dengan Sumatera Utara. “Saat ini prosesnya dalam tahap pembebasan lahan,” terang Anis. (kh)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar